Sabtu, 21 November 2009

Dibalik ujian ternyata berlimpah hikmah

1. Ujian untuk mengetahui kadar keimanan hamba-Nya.

Dalam surat Al-Ankabuut ayat 2-3 Allah SWT berfirman :

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.(QS.29: 2-3)

2. Bentuk kasih sayang Allah terhadap hambanya.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda “besarnya pembalasan bersama besarnya cobaan, dan sesungguhnya Allah ketika mencintai pada kaum maka Allah akan mencoba pada mereka. Maka barang siapa rido maka banginya rido(-Nya) dan barang siapa yang marah maka baginya murka(-Nya).” (HR. Ibnu Maajah)

3. Allah membersihkan dosa-dosa hambanya melalui ujian.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda “tidak henti-hentinya cobaan menimpa pada orang Iman laki-laki maupun perempuan didalam dirinya anaknya hartanya sehingga berjumpa pada Allah dan baginya tidak ada dosa.” (HR. Tirmidzi)

Untuk biar bisa tetap sabar, selain mengingat dalil-dalil diatas, ada beberapa tips yang perlu di resapi.

1. Mengimani Qodar

Iman pada qodar menghilangkan susah kecil dan susah besar (yang telah lalu dan yang akan datang). (HR. Al-Hakim)

2. Mengingat nilai Akhirat.

Tidak ada gambaran dunia dengan Akhirat kecuali seperti apa-apa yang memasukkan jari-jari salah satu kalian di lautan, maka hendaklah melihat pada apa-apa yang kembali. (HR. Ibnu Maajah)

Besarnya pahala itu berdasarkan besar cobaan yg diterima (al hadits)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنجِيكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ
Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?

تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ
لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya,

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّات
عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِي
niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga.

Itulah keberuntungan yang besar.

وَأُخْرَى تُحِبُّونَهَا نَصْرٌ مِّنَ اللَّهِ وَفَتْحٌ قَرِيبٌ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ
Dan (ada lagi) karunia lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.

Tetaplah bersabar, yakinlah dengan semua hikmah dari bersabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar